Sunday 20 November 2011

Pentingnya Permainan untuk Belajar Bahasa

Dear Students,
Setelah anda mempelajari pentingnya belajar bahasa melalui lagu, berikut ini Bapak sampaikan link untuk anda pelajari pentingnya permainan untuk belajar bahasa. Silakan anda klik link berikut:
Bila link ini tidak bisa diklik, copy-paste alamat web tersebut di browser dan bacalah...! Ini tugas untuk minggu ini. Tugas kali ini masih sama yaitu membuat peta konsep dari artikel di link tersebut. Anda juga hendaknya dapat menunjukan satu jenis permainan bahasa Inggris untuk anak-anak dan bisa memperagakan mainan tersebut.Anda dipersilakan untuk membawa alat peraga untuk mendukung presentasi anda.
Hallo kelas E, Bapak hari Selasa, 22 Nov masih ada acara di Bandung. Jadi Bapak tidak bisa hadir tatap muka di kelas E. Hari Rabu dan Kamis, Bapak bisa mengajar di kelas lain.  Mohon kelas E mencari  jalan untuk tatap muka hari Rabu (kelas A,B) atau Kamis (kelas C,D) dengan cara digabungkan dengan kelas tersebut.
Selamat bekerja.
Salam
HS

9 comments:

  1. asalamualaikum,, ya pak ternyata metode pembelajaran kepada anak lewat permainan lebih efektif, anak akan mudah memahami apa yang dipelajari, dengan permainan-permainan yang bersifat edukatif,,

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum..
    bapak metode pembelajaran bahasa inggris yang menyenangkan lebih cepat ditangkap oleh anak dibandingkan dengan metode yang lain, yang membuat anak merasa jenuh dan tidak ingin belajar..

    saya ingin bertanya kepada bapak,
    bagaimana cara memberikan metode pengajaran bagi anak yang konsentrasinya kurang?

    ReplyDelete
  3. @ Ema,memang betul pembelajaran bahasa harus sesuai dengan perkembangan jiwa anak.
    @ Pravelia, cari cara " apa yang menjadi kegemaran/kesukaan" anak tersebut dan dari sinilah merupakan "entry point" untuk pembelajaran. Selamat mencoba.

    ReplyDelete
  4. assalamualaikum..
    saya mau bertanya, permainan apa yang cocok diterapkan kepada anak SD yang menggunakan bahasa inggris? permasalahan selanjutnya, kan tidak semua guru mahir bebahasa inggris, bagaimana cara untuk mengantisipasi hal tersebut agar tujuan pembelajaran terutama pelajaran bahasa inggris dapat di capai sesuai dengan apa yang kita harapkan?

    1lg berhubungan dengn tugas,qta harus memperagakan salah satu contoh permainan dlm artikel tersebut atau bagaimana? boleh dlam bahas indonesia kan memperagakannnya?

    ReplyDelete
  5. maaf pak ada satu lagi yang ingin saya tanyakan..
    pada mata kuliah bp, ada latihan mengajar dalam bahasa inggris tidak? atau sejenis simulasi/ latihan beljar berbahasa inggris? jika ada kapan pelaksanaannya? terima kasih sebelumnya. mhon jawabannya.

    ReplyDelete
  6. @Lucy, mata kuliah bapa tidak ada latihan mengajar. Mata kuliah ini dirancang untuk latihan pembuatan RPP dan presentasi (bukan simulasi). Presentasi itu hanya memberikan penjelasan "materinya apa" dan "bagaimana cara mengajarkannya". Ya dalam bahasa Indonesia.

    ReplyDelete
  7. oh.. begitu. terima kasih pak sebelumnya.

    ReplyDelete
  8. assalamualikum pak.
    saya ingin bertnya, masalah tugas permaianan. kalau nanti pas peragaan permainannya sejenis online blh tdk pak?

    ReplyDelete
  9. maaf pak mau tanya, buat UAS nanti dari bapak sama dari pak Djejen berbeda ya soalnya?

    ReplyDelete